Lelah dalam belajar itu hal yang wajar, tetapi jangan sampai menyerah dalam belajar.

Selasa, 11 Maret 2014

Lestarikan Batik Bekasi, Siswa SD Belajar Mencanting

Ilustrasi siswa SD belajar mencanting batik


Nazwa (9) asyik mencanting pola batik di atas kain, Senin (10/3/2014). Tangannya lihai bergerak, menghasilkan sebuah motif bambu. Katanya, motif bambu jadi simbol sebuah semangat patriot.
Siswa kelas 4 kelas 4 SDN Pekayon VI Kota Bekasi itu tak sendiri. Ada 650 siswa lainnya di Kota Bekasi yang saat itu mengikuti Gerakan Mencanting di sekolah.
Kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi ke-17 Kota Bekasi yang jatuh pada Senin (10/3).
"Mencanting tidak sulit, soalnya sebelumnya pernah juga mencoba, jadi sudah tahu bagaimana caranya," kata Nazwa.
Ya, saat ini Pemkot Bekasi tengah mengintensifkan pengenalan motif batik sebagai kebanggaan daerah kepada masyarakat, setelah berhasil memperoleh hak paten dari pihak terkait.
"Sekarang Kota Bekasi sudah memiliki motif batik yang identik dengan daerahnya. Hal ini perlu kami perkenalkan juga kepada seluruh lapisan masyarakat," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Bekasi Amit Riyadi.
Sebagai tahap awal, kata dia, motif tersebut dikenalkan kepada sekitar siswa SD dari Kecamatan Bekasi Selatan yang mengikuti Gerakan Mencanting di sekolah.
"Selain dalam rangka memeriahkan HUT, acara ini juga dimaksudkan untuk menanamkan kecintaan terhadap batik di kalangan generasi muda," katanya.
Dia menambahkan, praktik membatik di kalangan siswa SD itu juga dimaksudkan sebagai persiapan regenerasi pembatik di masa mendatang.
Saat ini saja, pelaku industri batik di Kota Bekasi baru sebatas pada enam pengusaha.
"Bila tak ada regenerasi, dikhawatirkan jumlah pembatik yang sudah minim itu bisa terus menyusut," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

© karya seni dunia, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena